Jumat, 16 November 2018

TUGAS SOFTSKILL 2 (Pembuatan Suatu Perusahaan)


PT  MEDIA NET

Calvin Yusuf
Medi Saputra
Ridho Abdul Rozak

Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gunadarma
Jl. KH. Noer Ali, Jakasampurna, Bekasi Barat
ridho_rush@rocketmail.com

Profile PT MEDIA NET

Tentang Kami

PT MediaNet  adalah perusahaan yang bergerak di bidang solusi koneksi internet cepat unlimited.Jaringan kami terhubung dengan jaringan internet cepat lokal dan internasional.Kami menyediakan jasa layanan koneksi internet cepat unlimited bagi perusahaan dan warnet di Bekasi
Visi
Media Net dibentuk sebagai Solusi Bisnis Internet Cepat yang tepat dengan mengunakan metode pendekatan efisiensi biaya dan metode untuk menyerap daya pasar lebih besar, dengan inovasi dan kreatifitas tenaga ahli dibidang tehnologi informasi untuk membentuk suatu sistem yang membantu perkembangan Bisnis Anda.

Misi
Menyediakan berbagai fasilitas dan inovasi seperti penyediaan layanan internet, solusi jaringan terpadu, perangkat komputer aman di indonesia. Melalui berbagai layanan Internet yang berfokus pada hubungan erat antara masyarakat dan pelanggan dengan dunia luar sehingga tercipta hubungan yang harmonis dengan kami.

Prosedur dan Legalitas


Kantor yang terkait : Notaris, Kantor Pajak, Disperindag

Dalam membangun perusahaan skala besar  Berikut ini adalah dokumen yang diperlukan, sebagai berikut :

-          

Akte Notaris

Dokumen yang disahkan notaris terkait dengan usaha untuk mendirikan sebuah perusahaan.Dokumen tersebut berisikan identitas para pendiri lengkap dengan foto dan alamat, kesepakatan yang terjadi ketika mendirikan perusahaan tersebut, serta anggaran dasar yang dipakai sebagai modal awal.



SIUP

Salah satu dokumen penting yang diwajibkan bagi perorangan atau badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan agar keberadaan kegiatan usaha Anda bisa mendapatkan izin untuk menjalankan bisnis perdagangan. Untuk membuat SIUP tidak mesti menjadi pedagang skala besar atau skala global. Meskipun masih pedagang regional dalam skala kecil disarankan untuk mengurus SIUP. Karena sudah ada kebijakan yang mengatur bahwa setiap perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perorangan yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib melakukan pengurusan SIUP yang dikeluarkan berdasarkan domisili perusahaan dan berlaku di seluruh wilayah Republik Indonesia.



NPWP

Permohonan pendaftaran wajib pajak badan usaha diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan untuk mendapatkan kartu NPWP dan surat keterengan terdaftar sebagai wajib pajak.



Surat Setoran Pajak

Pembayaran atau penyetoran pajak wajib pajak menggunakan formulir atau dengan cara lainnya ke kas negara melalui tempat pembayaran yang telah ditunjuk menteri keuangan. Bentuk formulir SSP dan penjelasannya tercantum dalam Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2013 tentang Bentuk Formulir Surat Setoran Pajak.



Akte Pendirian Perusahaan

Akta pendirian perusahaan adalah bukti otentik yang mengesahkan sebuah perusahaan di mata hukum Indonesia. Hal ini penting dimiliki oleh setiap badan usaha terutama yang berskala besar, seperti PT (Perseroan Terbatas)




Surat Izin Mendirikan Bangunan

perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.



Surat Izin Tempat Usaha

 izin yang diberikan kepada perorangan, perusahaan, badan untuk memperoleh tempat usaha sesuai dengan tata ruang wilayah yang diperlukan dalam rangka penanaman modal. Dasar hukum untuk SITU biasanya dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah berupa Perda.




Surat Izin Gangguan

surat keterangan yang menyatakan tidak adanya keberatan dan gangguan atas lokasi usaha yang dijalankan oleh suatu kegiatan usaha di suatu tempat.





SDM dan ORGANISASI

Struktur Organisasi




Deskripsi dan Spesifikasi Tugas

-          Dewan Komisaris :

Melaksanakan pengurusan Perusahaan sesuai kepentingan dan tujuan Perusahaan dan bertindak selaku pimpinan dalam pengurusan tersebut. Direksi melakukan segala tindakan pengurusan maupun mengenai pemilikan kekayaan Perusahaan termasuk mengikat Perusahaan dengan pihak lain dan/atau pihak lain dengan Perusahaan, sesuai pembatasan yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perusahaan. Secara hukum, Direksi mewakili Perusahaan baik di dalam maupun di luar pengadian.

-          Direktur Utama

Merencanakan, mengendalikan, dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan Direksi dalam pengelolaan perusahaan baik yang bersifat strategis, agar misi perusahaan dapat diemban dengan baik dan tujuan perusahaan dapat dicapai sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar.

Direktur Utama mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :              - Mengesahkan perumusan pokok-pokok kebijakan dan strategi umum perusahaan yang akan menjadi acuan dalam penyusunan kebijakan operasional dan strategi fungsi-fungsi organisasi perusahaan.



-          Wakil Direktur
 Melaksanakan sebagian tugas pokok Direktur Utama. Wakil Direktur bertanggung jawab kepada Direktur Utama. Wewenang dan tanggung jawab Wakil Direktur adalah :
1. Memimpin Direktorat dibawahnya, pengembangan, pelaksanaan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
2. Berwenang untuk menetapkan kebijaksanaan yang hendak diberikan pada langganan, menetapkan harga jual dan sistem penjualan, serta alat promosi. \

-          Administrasi Monitoring

Bertugas untuk mencatat kegiatan-kegiatan yang ada pada divisi logistik, staff ahli, IT Multimedia, dan divisi teknik dimana catatan kegiatan tersebuat akan disampaikan secara detail kepada Direktur Utama agar tidak terjadi kesalahan.
           

-          Divisi Logistik

1. Perumusan kebijakan strategis logistik (pengadaan barang dan/atau jasa) dan kegiatan kerumah-tanggaan perusahaan;
2. Pengelolaan stock dan distribusi peralatan atau perlengkapan kepada unit kerja untuk menunjang pelaksanaan tugas perusahaan;
3. Pengembangan strategi pengelolaan gedung dan fasilitas perusahaan serta pemeliharaan dan administrasi fisik aktiva perusahaan;
4. Pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pengadaan barang dan/atau jasa;
5. Pengelolaan kegiatan kerumahtanggaan Kantor Pusat termasuk pengelolaan sarana kerja yang diperlukan;
6. Pengelolaan dan pengendalian kegiatan pengamanan kantor, aset, dan Karyawan Perusahaan;
7. Pembinaan hubungan kerja yang baik dengan pihak eksternal untuk mendukung kelancaran inventarisasi dan ketersediaan fasilitas/jasa yang diperlukan untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan

-          Staff Ahli

a.    Mengumpulkan data (fakta).
b.    Menginterpretasikan data (fakta).
c.    Mengusulkan alternatif tindakan.
d. Mendiskusikan rencana-rencana yang sedang dipikirkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa rencana tersebut ditolak.
e. Mempersiapkan instruksi-instruksi tertulis dan dokumon-dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang merupakan realisasi dari rencana yang telah ditetapkan.
f.  Mengamati kegiatan-kegiatan operasional dan kondisi-kondisi yang dihadapi untuk rnengadakan apakah instruksi-instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakah instruksi tersebut menghambat atau mempelancar proses pencapaian tujuan.

-          Divisi IT Multimedia

Divisi ini melayani dan mengelola hosting laman web unit-unit kerja di PT. MEDIA NET  dan  merawat penyimpanan dokumen penting.

-          Divisi Teknik

Bertugas melakukan pemasangan provider jaringan berupa wifi dan hotspot rumah maupun warnet. Serta melakukan pembelian barang produksi.




Sistem Penggajian

System gaji dari perusahaan yang kami bangun terdiri dari tunjangan jabatan, tunjangan keluarga,  bonus, uang transport, dan tunjangan hari raya
·         Tunjangan jabatan  
Tunjangan ini akan ditentukan dari jabatan yang diperoleh seorang karwayan  berdasarkan kinerja dalam bekerja.
·         Tunjangan Keluarga
Tunjangan keluarga dihitung berdasarkan basis perhari, yaitu 10% untuk tunjangan istri/suami dan 5% untuk tunjangan anak dengan batas tunjangan sampai anak ketiga.
·         Bonus
Bonus diberikan kepada karyawan yang mencapai total hari kerja sebanyak 14 hari atau lebih dan telah mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.
·         Uang Transport
Sejumlah uang yang dibutuhkan/dikeluarkan untuk keperluan transport. Uang transport sering diasosiasikan menjadi suatu biaya yang biasanya dikeluarkan untuk keperluan diluar biaya resmi. 
·         Tunjangan Hari Raya
 -Pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau   lebih sebesar 1 (satu) bulan upah.
-Pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus tetapi kurang  dari 12 bulan diberikan secra proporsional dengan masa kerja yakni dengan perhitungan masa kerja/12 x 1 (satu) bulan upah .

Tabel Gaji Pokok

NO
JABATAN
JUMLAH KARYAWAN
GAJI POKOK
1
KOMISARIS
1
15.000.000,-
2
DIREKTUR UTAMA
1
10.000.000,-
3
WAKIL DIREKTUR
1
8.500.000,-
4
LOGISTIK
4
5.000.000,-
5
STAFF AHLI
4
5.500.000,-
6
IT MULTIMEDIA
5
4.500.000,-
7
TEKNIK
5
5.000.000,-



ASPEK PEMASARAN

Spesifikasi Jasa

Jasa yang ditawarkan dalam aplikasi dan PT kami ini adalah penyediaan layanan Wifi dan Hotspot yang tepat untuk dilakukan oleh anda yang mulai menjalankan bisnis atau usaha yang membutuhkan kehadiran pengunjung. Penambahan layanan Wifi dan Hotspot tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke tempat usaha anda, tentunya kepuasan para pengunjung adalah target utama anda.
  
MEDIA NET memperkenalkan layanan Wifi dan Hotspot bagi usaha anda, dengan pelayanan kami selama 24 Jam setiap hari tentunya kualitas Wifi dan Hotspot pada Usaha anda akan terus terjaga. Layanan Wifi dan Hotspot yang kami sediakan juga dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Berikut ini adalah spesifikasinya :
·                     Bandwidth : mulai 2 Mbps (upstream/downstream)
·                     Wifi 802.11a/b/g/n/ac
·                     Bulanan Mulai Rp 200.000,- Fix
·                     Setiap registrasi pelanggan akan mendapatkan Akses point outdoor, tiang besi, kabel UTP dan akses point indoor. 

·         a.     Segmentasi Demografis      : WiFi ini ditujukan untuk semua kalangan perusahaan, sekolah, warnet maupun rumah.
·         b.    Segmentasi Geografis          : Jasa ini ditujukan untuk daerah yang memiliki tiang Tower
·        c.     Segmentasi Phisycografis    : Jasa ini ditujukan bagi pemilik perusahaan, sekolah, rumah  atau warnet agar dapat mengakses internet secara cepat.

Segmentasi Jasa

Jasa untuk pemasangan wifi atau wireles internet berguna bagi seluruh kalangan dari usia muda maupun tua. Karna dengan internet kita dapat mengakses banyak informasi dari dalam maupun luar negeri serta kegiatan yang berhubungan dengan website. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.

Analisis Situasi Pasar (Jasa yang ditawarkan)

Jasa pemasangan wifi ini diperuntukkan seluruh pengguna internet yang berada di perusahaan, sekolah, rumah maupun warnet untuk mengakses segala informasi maupun hal-hal yang lain secara cepat dan tepat.

Analisis Pesaing (Jasa yang ditawarkan)

Kelebihan yang ditawarkan oleh jasa Media Net kepada konsumen yang ingin memiliki Wifi tidak perlu lagi mengalami jaringan internet yang lama, yang menyebabkan situs yang kita akses  maupun informasi terganggu.

Strategi Promosi

Untuk menarik para pelanggan, saya menerapkan harga yang jauh lebih muranh dibandingkan dengan pembisnis hospot lainnya, sehingga para pelanggan beralih untuk bermain internet di tempat usaha saya, strategi lain yang saya terapkan untuk mendatangkan para pelanggan yang lebih banyak yaitu saya bekerja sama dengan beberapa pelaku usaha seperti percetakan, fotokopy dan counter-counter yang dekat dengan lokasi usaha saya. Dimana dalam kerjasama usaha ini diterapkan system pembagian hasil pada pembelian voucer yaitu 80:20% dalam artian, voucer dengan harga jual Rp. 6.000/4 jam saya mendapatkan pemasukan Rp. 4.000 dan pihak kerjasama mendapatkan pemasukan Rp. 2.000/voucer.

Dari beberapa pengamatan yang saya dapatkan, sangat jarang pelaku usaha hotspot yang memberikan diskon atau bonus kepada para pelanggannya, sehingga muncul ide dipikiran saya untuk memberikan bonus atau diskon kepada pelanggan yang bermain hostpot di tempat usaha saya. Ada beberapa jenis bonus yang akan saya berikan seperti setiap delapan kali pembelian voucer akan mendapatkan bonus online selama dua jam jika voucer tersebut ditukarkan. Selain itu setiap pelanggan yang saat membeli voucer bertepatan dengan hari ulang tahunnya akan mendapatkan bonus online sesuai dengan umur pembeli voucer tersebut.


Media Promosi Berbasis TI
-        Media Televisi
Dalam mempromosikan suatu produk melalui iklan pada televisi dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat. Dengan menampilkan iklan dengan kombinasi warna dan gerak, maka iklan televisi tampak hidup dan nyata.
-        Media Online/Sosial
Media Net memiliki ruang online dalam mempromosikan produknya melalui iklan antara lain, Youtube, Line dan Instagram, Facebook dll


ASPEK KEUANGAN

Komponen  biaya

PT MEDIA NET

 Laporan Keuangan dan Analisis Laba Rugi
1.      Tabel 1. Kebutuhan Investasi
No
Keterangan
Unit
Jumlah (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Mikrotik router os lisence6
1 unit
1.500.000
1.500.000
2
WMIA165G dan Adoptor
1 unit
500.000
500.000
3
Cok rool
1 buah
10.000
10.000
4
Network cabel
50 m
5.000
50.000
6
Instalasi antena
1 unit
50.000
50.000
7.
Setting Hotspot
1 Unit
150.000
150.000
Jumlah
2.260.000

2.      Tabel 2. Biaya Oprasional per priode pemeliharaan
No.
Kateranagan
Unit
Jumlah (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Pembuatan voucher
400 lembar
1.000
400.000
2
Komunikasi dan lain-lain
-
100.000
100.000
3
Transportasi
-
100.000
100.000
Total Biaya Variabel
600.000


 CASH FLOW

3.      Biaya operasional per periode
      = Total biaya tetap + Total biaya variable
      = Rp 2.260.000 + Rp 600.000
      = Rp 1.660.000

INFLOW

4. Penerimaan Per periode
     - Penjualan voucer 400 lembar x Rp 10.000 = Rp 4.000.000
        Total penerimaan                                    = Rp 4.000.000

5. Keuntungan
      Keuntungan per Satu periode      = Total penerimaan-Total biaya operasional
                                               = Rp 4.000.000 – 1.660.000
                                               = Rp 2.340.000
6. B/C Rasio
      B/C           = Pendapatan/Biaya
           = 4.000.000
               1.660.000

           = 2,40

·         Dari hasil B/C rasio diatas dapat disimpulkan bahwa usaha hotspot akan mendapatkan keuntungan dan keberlanjutan usaha karena hasil B/C rasionya di atas 1.



       Kriteria Investasi

Payback Periode
Perusahaan akan melakukan investasi berupa pembelian sebuah gudang dan peralatan dengan harga Rp 90.000.000,-

Gudang dan peralatan tersebut mempunyai umur ekonomis 4 tahun dan nilai residu Rp 9.000.000,- perusahaan kami membayar bunga 10% dengan tingkat pendapatan bersih sebagai berikut:

Tahun 1 : Rp 1.500.000,-
Tahun 2 :Rp 2.500.000,-
Tahun 3 :Rp 3.000.000,-
Tahun 4 : Rp 3.500.000-
Depresiasi = 90.000.000 – 9.000.000
                 = 81.000.000 / 4
                 = 20.250.000

Tahun
EAT
Depresiasi
Proses
1
Rp 1.500,000
Rp 20.250.000
Rp 21.750.000
2
Rp 2.500.000
Rp 20.250.000
Rp 22.750.000
3
Rp 3.000.000
Rp 20.250.000
Rp 23.250.000
4
Rp 3.500.000
Rp 20.250.000
Rp 23.750.000
 Rp 10.500.000
Rp 91.500.000

Payback Periodt
H. Perolehan = 90.000.000
Residu           = 9.000.000 –
                          81.000.000
Proses 1         = 21.750.000 –
                          59.250.000
Proses 2         = 22.750.000 –
                          36.500.000
Proses 3         = 23.250.000 –              
                            13.250.000              (3tahun)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Medi Saputra. Design by WPThemes Expert
Blogger Templates by Buy My Themes.