Mata
Kuliah : Desain Pemodelan Grafik
Nama
: Medi Saputra
NPM
: 54415099
Kelas
: 3IA22
Nama
Dosen : Syefani Rahma Deski
JURNAL
MENGENAI KONSEP PEMODELAN
GRAFIK
JURNAL
Pertama
Judul
Jurnal : Pemodelan Wajah 3D
Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya Embedded Language (MEL) Script
Penulis
: Yudi Prayudi dan Iwan Aprizal
Pada jurnal ini
memiliki kelebihan dan kekurangan
Pertama kita akan
membahas Kelebihan dari Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya
Embedded Language (MEL) Script :
- Memberikan pengertian serta keunggulan
menggunakan bahasa pemrograman MEL Script dan aplikasinya yaitu MAYA,
- Adanya flowchart yang berdampingan
dengan gambar prosesnya, membuat pembaca jelas dengan alur pembuatan modeling
wajah 3D,
- Karena menggunakan bantuan foto diri
paling tidak model akhir wajah 3D yangdihasilkan memiliki tingkat
kemiripan,
- Dengan
model wajah 3D tersebut maka proses-proses rekayasa objek grafik seperti
animasi, efek photo realistic dapat dengan mudah dilakukan
Kedua kita akan
membahas Kekurangan dari Pemodelan Wajah 3D Berbasis Foto Diri Menggunakan Maya
Embedded Language (MEL) Script :
- Pemodelan wajah 3D ini memiliki tingkat
kesulitas cukup tinggi,
- Tidak hanya dalam metode yang dilakukan
cukup rumit,
- Dan membutuhkan tingkat kemahiran dalam
memilih foto yang seimbang antara tampak samping dan depan,
-
Serta juga dalam mengolah foto yang akan
menjadi dasar pemodelan 3D
Ø Kesimpulan
nya :
Pembuatan
pemodelan wajah 3D menggunakan foto wajah berekstensi jpeg, dimana foto wajah
yang akan di import sebelumnya dibentuk intensitas warna tiap pixel lewat
sejumlah metode, yaitu metode image adjustment brightness/contrast, image
color balance, layer multiply, dan tampilan convert mode
rgb yang semuanya ini dikerjakan di luar program utama dengan menggunakan
photoshop
Dalam
mengimplementasikan foto 2D tersebut menjadi 3D penulis menggunakan metode
nurbs (non-uniform rational bezier spline) modeling, polygon serta subdivision
JURNAL
Kedua
Judul
Jurnal : Pembuatan Simulasi
Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
Penulis : Deddy Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal
Sengkey dan Arthur M. Rumagit
Jurusan :
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNSRAT, Manado
Pada jurnal ini
memiliki kelebihan dan kekurangan
Pertama kita akan
membahas Kelebihan dari Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi)
Menggunakan OpenGL :
- Memberikan pengertian yang baik yang
terdapat pada landasan teorinya,
-
Bahan dan peralatan (hardware
dan software) dijelaskan secara mendetail,
-
Terdapat logika dan penjelasan
pada setiap coding yang dipakai project,
-
Fleksibilitas yang besar
dimungkinkan dalam proses menghasilkan gambar,
-
OpenGL dapat dikombinasikan
sebagai building blocks untuk menciptakan teknik inovatif dan menghasilkan
kemampuan baru grafis
Kedua kita akan
membahas Kekurangan dari Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi)
Menggunakan OpenGL :
-
Kurangnya menyertakan gambar dari
tahapan-tahapan proses,
-
Kurangnya ketepatan pixel yang
muncul dalam pembuatan objek,
-
Hasil simulasi pada jurnal kurang
mendetail.
Ø Kesimpulan
nya :
Untuk membuat aplikasi
menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu
konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah
satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuatwindow-based
OpenGL
OpenGL mendukung lighting, shading,
texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak kemampuan efek
khusus lainnya
OpenGL mempunyai
banyak fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas.
Penggunaan OpenGL membutuhkan library tambahan yang harus
di letakkan pada direktori sistem dari windows (OS)
0 komentar:
Posting Komentar